Pandemi belum usai, namun bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sering terjadi di musim penghujan kembali hadir di awal 2021. Bukan hanya banjir dan tanah longsor, gempa bumi dengan kekuatan cukup besar juga telah menghantam beberapa wilayah di Tanah Air. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari 1 sampai 27 Januari 2020 tercatat, terdapat 148 bencana banjir, 37 tanah longsor, 31 puting beliung, 5 gempa bumi, 5 gelompang pasang, dan 1 karhutla melanda Indonesia. Rentetan bencana alam dan non alam tersebut menghadirkan banyak kerugian bagi masyarakat. Tidak sedikit dari mereka terpaksa kehilangan harta benda, terserang penyakit, terinfeksi virus, hingga harus mengikhlaskan kepergian orang orang tersayang.

Menyadari banyak masyarakat yang sedang terkena musibah, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) menyalurkan bantuan sebesar Rp 500 juta kepada korban bencana, pada Senin (8/2/2021). Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, bantuan tersebut diberikan ke Kementerian Sosial (Kemensos) yang nantinya akan disalurkan ke para korban bencana di Tanah Air. Menurut Irwan Hidayat, hal tersebut dilakukan karena Kemensos memiliki jaringan yang cukup luas. Belum lagi Menteri Sosial Tri Rismaharini nampak begitu profesional dalam menjalankan tugasnya yang membuat pihaknya percaya untuk menyalurkan bantuan melalui Kemensos.

"Jaringan paling banyak di Kementerian. Saya lihat Ibu (Menteri Sosial) Risma serius sekali bantu orang dan terbuka. Buat saya, ini tanda kami, saya percaya kepada pemerintah, makanya kami serahkan ke Kemensos. Sumbangannya tidak seberapa, tapi kami percaya kepada pemerintah," ujar Irwan Hidayat di Gedung Kemensos Jakarta, Senin (2/8/2021). Perusahaan yang terkenal dengan produk Tolak Angin, Tolak Linu, dan Kuku Bima ini memastikan bantuan tidak hanya sebatas nominal yang telah disebutkan. Namun ke depannya, pihaknya akan kembali menyalurkan bantuan melalui Kemensos. "Nanti bulan depan saya akan nyumbang lagi dari Sido Muncul untuk alat produksi. Kalau tidak untuk beli kapal ya alat produksi yang lain, itu terserah nanti dari Kemensos, pokoknya kami bulan depan akan menyumbang lagi," jelas Irwan Hidayat.

Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menerima secara langsung bantuan tersebut mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Sido Muncul karena berinisiatif untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana. "Saya ucapkan terima kasih kepada PT Sido Muncul yang telah beri sumbangsih ke saudara saudara kami yang saat ini mengalami kesedihan karena bencana," kata Mensos Risma. Selain memberikan apresiasi ke Sido Muncul, Mensos Risma memastikan bantuan tersebut akan dikelola secara profesional dan segera disalurkan kepada orang yang membutuhkan.

“Ini tidak gampang karena kalau kita dipercaya, banyak saudara kita kebantu karena (donasi) itu, saya akan kelola uang (donasi) dengan profesional dan transparan,” jelas Mensos Risma. Mensos juga menyambut baik langkah Sido Muncul yang akan kembali menyalurkan bantuan di masa yang akan datang. Mantan Wali Kota Surabaya ini mengatakan bantuan alat produksi nantinya akan sangat berguna bagi para korban bencana untuk kembali bangkit. “Kita umumkan dan sebaiknya memang untuk (beli) alat produksi, jangan sampai dia kena bencana, lalu juga tidak bisa cari makan," tutupnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *