Setiap manusia pasti punya keinginan, baik yang kecil maupun besar. Sudah sewajarnya jika manusia mengharapkan sesuatu dalam hidup dan berusaha mencapainya.

Ada banyak cara agar keinginan tercapai. Dua cara yang paling mulia adalah berikhtiar dan berdoa kepada Allah SWT. Namun ada kalanya harapan tak terkabul. Usaha sudah dilakukan dengan maksimal, begitu juga dengan doa. Namun Allah SWT seolah tak mendengar. Benarkah demikian?

Seorang Muslim sebaiknya tak berkecil hati dan mengingat firman Allah SWT melalui Surat Al-baqarah 212.

زُيِّنَ لِلَّذِينَ كَفَرُوا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَيَسْخَرُونَ مِنَ الَّذِينَ آمَنُوا ۘ وَالَّذِينَ اتَّقَوْا فَوْقَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ وَاللَّهُ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya:

“Kehidupan dunia dijadikan terasa indah dalam pandangan orang-orang yang kafir, dan mereka menghina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu berada di atas mereka pada hari Kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.”

Doa Penghibur saat Harapan Tak Terkabul
Lalu apa yang bisa dilakukan saat harapan tak terkabul? Tetaplah tawakkal dan berusaha untuk ikhlas. Yakinkan diri kalau Allah SWT punya rencana yang lebih indah untuk Anda. Tak ada salahnya juga jika Anda mengamalkan doa dari hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah RA berikut.

قَدَّرَ اللَّهُ وَمَا شَاءَ فَعَلَ

Qadarullah, wa maa syaa-a fa’ala.

Artinya:

“Allah telah menakdirkan, dan apa yang Dia kehendaki pasti dilakukan-Nya.”

“Mu’min yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari mu’min yang lemah dan semuanya baik. Berusahalah untuk meraih apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan lemah, jika menimpamu sesuatu hal, jangan katakan seandainya aku lakukan ini dan itu, akan tetapi katakanlah: (doa di atas), karena ucapan ‘seandainya’ akan membuka (memberi peluang bagi) perbuatan setan.”

Penyebab Doa Tak Terkabul
Banyak kemungkinan alasan doa tak terkabul atau belum dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Belum Meninggalkan Perkara yang Haram
Hal-hal yang bersifat haram, baik pakaian, makanan, dan minuman bisa menjadi penghalang terkabulnya doa.

2. Berdoa untuk Hal yang Tidak Baik
“Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa.” Seorang sahabat bertanya; ‘Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ‘ Rasulullah Saw menjawab: ‘Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan’. Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.’ (H.R.Muslim)

Jika Anda berdoa untuk suatu yang tidak baik atau dibenci Allah SWT, tentu saja Tuhan tidak akan mengabulkannya.

3. Tidak Yakin kepada Allah SWT
“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (H.R. At-Tirmidzi)

Berdoalah dengan hati yang teguh, serius dengan permintaan Anda, dan yakinlah Allah SWT akan mengabulkannya.

4. Meninggalkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, hendaknya kalian beramar ma’ruf dan nahi munkar atau jika tidak niscaya Allah akan mengirimkan siksa-NYa dari sisi-Nya kepada kalian, kemudian kalian memohon kepada-Nya namun do’a kalian tidak lagi dikabulkan.” (H.R. At-Tirmidzi)

Sekali lagi, manusia harus menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, tidak memutus silaturahmi, dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan demikian, Allah SWT akan mengabulkan keinginan Anda.

5. Ditunda atau Diganti yang Lebih Baik
Ada kemungkinan sebenarnya doa yang kita panjatkan keharibaan Allah SWT bukanlah tidak dikabulkan, melainkan ditunda. Karena sesungguhnya Allah SWT paling tahu kapan waktu yang paling tepat bagi manusia untuk mendapatkannya.

Ada kalanya Allah SWT tidak mengabulkan doa hamba-Nya karena sudah menyiapkan sesuatu yang lebih baik. Mungkin saja kita tidak menyadari bahwa apa yang kita minta saat berdoa adalah sesuatu yang tdak baik, padahal menurut Allah SWT ada perkara lain yang jauh lebih baik untuk kita.

Leave a comment

Your email address will not be published.