Corona di Indonesia yang semakin meluas akhirnya berdampak juga pada sistem pendidikan. Dengan berat hati pemerintah meminta semua kegiatan dari tingkat dasar sampai perkuliahan dilakukan dengan online learning. Tidak ada tatap maka selama kurun waktu belum ditentukan.

Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Online Learning

Dari tahun lalu sampai 2021 masih banyak sekolah yang terpaksa harus melakukan online learning kapada para siswanya, termasuk mereka para mahasiswa. Akhirnya kuliah online tidak dapat dihindarkan, agar proses belalar online berjalan dengan lancar, siapkan hal-hal berikut ini.

  1. Aplikasi Penunjang

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah aplikasi penunjang. Tentunya semua kegiatan akan terpusat melalui tempat ini. Dari penyampaian informasi, interaksi antara pelajar dan pengajar, juga pemberian serta penyerahan tugas. Pastikan PC atau ponsel sudah support aplikasi ini.

Namun ternyata banyak kendala di lapangan. Anak-anak dari daerah belum semuanya memiliki ponsel yang support aplikasi penunjang ini, sehingga proses belajar mereka jadi terasa kurang maksimal. Untuk mengatasinya akhirnya pelajar mendatangi rumah para murid dan memberikan materi belajar.

  1. Kuota Internet

Jangan lupakan kuota internet, tanpa adanya kuota aplikasi penunjang tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Karena perlu kebutuhan cukup besar banyak anak akhirnya memilih untuk pasang wifi di rumahnya saja agar tidak terlalu boros.

Bagi Anda yang tidak punya wifi di rumah tetap bisa menggunakan kuota, karena sekarang ini pemerintah juga sudah membuat program kuota gratis untuk para pelajar. Syarat  pencairannya hanya dengan menggunakan akrtu pelajar saja.

  1. Materi Pelajaran

Terakhir jangan lupa walaupun online Anda tetap harus mempersiapkan materi pelajaran dengan matang. Buku, peralatan menulis, serta perlengkapan lainnya sudah tertata dengan baik di depan mata, jangan sampai ada yang terselip.

Walaupun online learning bukan berarti harus selalu belajar sambil rebahan, hal tersebut justru akan membuat pelajaran tidak akan masuk di otak. Selanjutnya tentu saja justru merasa mengantuk dan akhirnya lebih memilih tidur.

Akhir-akhir ini banyak keluhan terkait online learning. Peran orang tua sebenarnya juga sangat penting untuk mendukung anaknya dapat nyaman dan merasa bertanggung jawab dengan kewajiban sebagai siswa dalam menjalankan sistem pembelajaran tanpa tatap muka ini.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.